Tips menggunakan Restore my files untuk mengembalikan doc/xls yang terinfeksi virus

Kategori Tips & Tricks, Virus | 25,587 views | 61 Comments

Saat ini sepertinya sudah banyak tools/program yang sudah bisa memperbaiki dokumen ( word, excel dkk ) yang terinfeksi virus. Berikut tips untuk mengembalikan file yang terinfeksi virus tersebut dengan program Restore my files, sekalian tutorial singkat penggunaan program ini. Karena mungkin banyak yang belum bisa menggunakan / memanfaatkan fasilitas yang ada.

 

Tutorial Restore my files

Tampilan program ini cukup sederhana dengan beberapa tombol. Berikut penjelasannya :

Menu di bagian atas :

  • Look in, Edit box paling atas adalah lokasi folder / drive yang akan dicari file / dokumennys ( bisa klik tombol browse disampingnya [ dengan titik tiga ] )
  • Extention, pilih atau isi dengan ekstensi file yang ingin dicari, biasanya *.exe.
  • Find, untuk mencari semua file dengan ekstensi yang diisikan
  • Stop, untuk menghentikan pencarian
  • Restore File, untuk mendeteksi file yang tampil apakah merupakan dokumen office yang terinfeksi virus atau tidak, jika ya akan mengembalikan dokumen aslinya, jika tidak akan diabaikan.
  • Stop Restore, untuk menghentikan proses Restore File
  • Delete infected files, untuk menghapus file yang lama ( terinfeksi ) setelah berhasil di kembalikan seperti semula.
  • Rename with, untuk mengganti ekstensi file dokumen yang terinfeksi virus setelah berhasil menggembalikan dokumen. Ekstensi file bisa diisikan di kotak sebelah kanannya. Defaultnya berisi _vrs. Jadi dika dokumen yang terinfeksi virus namanya dokumenku.exe akan menjadi dokumen._vrs.
  • About, tentang program dan cara penggunaan secara ringkas

Menu di bagian bawah ( mulai dari kiri ke kanan ) :

  • Select All, untuk memilih semua file yang ada di daftar file (hasil pencarian).
  • Clear All, tidak memilih satu pun file di daftar file.
  • Clear Result, untuk menghapus semua daftar file ( bukan menghapus file-nya, hanya daftar yang tampil saja )
  • Delete List, untuk menghapus daftar yang dipilih ( bisa dilakukan multi-select dengan menekan tombol ctrl+click atau Shift+Click untuk memilih file yang urut atau juga dengan drag mouse).
  • Delete files, menghapus file yang dipilih ( muncul konfirmasi )
  • Rename files, untuk mengganti ekstensi file yang dipilih dengan ekstensi disamping-nya. Default-nya sudah terisi dengan vrs (Akan muncul konfirmasi ).

Program Restore my files ini bisa mengembalikan file yang terinfeksi dan tidak tergantung dari berapa ukuran virus asli-nya ( saya sendiri sudah mencoba dan menemukan 3 varian virus seperti ini dan semua bisa dikembalikan dengan baik ). Tetapi saya sarankan untuk mengaktifkan opsi Rename with, baru setelah semua dokumen sudah berhasil dikembalikan dan tidak ada masalah baru file tersebut dihapus.

 

Cara Penggunaan

  1. Cari folder yang terdapat dokumen yang akan dicari, program ini juga akan mencari dokumen di sub folder tersebut.
  2. Jika terdapat file yang cukup besar mungkin lebih dari 20 MB dan jelas-jelas bukan virus silahkan dihapus dari daftar dengan menekan tombol Delete atau file tersebut dipilih dan klik Tombol Delete List.
  3. Klik Restore File untuk mengembalikan dokumen yang terinfeksi.
  4. Disarankan memilih opsi Rename files daripada Deleted infected files, nanti jika dokumen sudah kembali normal baru dokumen yang sudah direname tersebut dihapus
  5. Jika file tidak berhasil di restore coba lihat Tips Penggunaan dibawah ini.
  6. Jika file terinfeksi tetapi masih juga belum bisa di restore, silahkan email atau memberitahu.

 

Tips penggunaan

Terkadang file yang di restore muncul keterangan infected… tetapi tidak berhasil di restore. Ini biasanya terjadi jika dokumen tersebut berada di flash disk. Hal itu menunjukkan bahwa kemungkinan file itu terinfeksi virus, tetapi tidak berhasil membacanya. Bahkan terkadang file itu tidak bisa dibuka dan dihapus. Maka alternatifnya, silahkan dipilih
file-file tersebut atau pilih semua file juga tidak mengapa, kemudian silahkan di rename ( klik Rename files ) dengan mengisikan ekstensi baru di kotak sampingnya ( sudah ada text vrs, atau bisa diganti dengan yang lain ). Jika sudah berhasil, maka file yang tampil akan berganti ekstensi dari *.exe menjadi *.vrs.

 

Setelah ekstensi file diganti baru lakukan restore file. Biasanya tips ini berhasil mengembalikan dokumen tersebut. Sedangkan file yang tidak terinfeksi dan terlanjur di rename menjadi *.vrs silahkan di rename lagi ke ekstensi asalnya misalnya *.exe ( rename dengan program ini juga, caranya silahkan dicari file dengan ekstensi *.vrs )